Tujuan Kegiatan Ekstrakurikuler, Berikut Rinciannya

tujuan kegiatan ekstrakurikuler
image source : bing.com

Selamat datang di artikel ini! Kali ini, saya akan membahas tentang tujuan kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan aktivitas yang dilakukan di luar jam belajar, namun memiliki manfaat yang tak kalah penting dengan kegiatan belajar di dalam kelas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tujuan dari kegiatan ekstrakurikuler.

Meningkatkan Keterampilan Siswa

Tujuan pertama dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan keterampilan siswa. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa untuk memperoleh keterampilan yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas. Misalnya, siswa yang mengikuti klub sepak bola dapat memperoleh keterampilan teknik bermain sepak bola dan keterampilan kerjasama dengan tim.

Meningkatkan Kepribadian Siswa

Tujuan kedua dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan kepribadian siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa dapat membangun karakter dan kepribadian yang baik. Misalnya, siswa yang mengikuti klub jurnalistik dapat memperoleh keterampilan menulis dan berbicara di depan umum yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Meningkatkan Kreativitas Siswa

Tujuan ketiga dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan kreativitas siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan seni dan budaya dapat membantu siswa untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan kreativitasnya. Misalnya, siswa yang mengikuti klub teater dapat memperoleh keterampilan berakting dan menulis naskah.

Meningkatkan Kesehatan Siswa

Tujuan keempat dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan kesehatan siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan olahraga dapat membantu siswa untuk menjaga kesehatan tubuh. Misalnya, siswa yang mengikuti klub bulutangkis dapat memperoleh keterampilan bermain bulutangkis dan menjaga kesehatan jantung.

Read More :   Ekstrakurikuler KBBI: Menjelajahi Kegiatan Di Luar Kelas Yang Menyenangkan

Meningkatkan Rasa Kepedulian Sosial

Tujuan kelima dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan rasa kepribadian sosial siswa. Kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan sosial dapat membantu siswa untuk belajar tentang kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama. Misalnya, siswa yang mengikuti klub sosial dapat memperoleh keterampilan berpartisipasi dalam kegiatan sosial dan membantu masyarakat.

Meningkatkan Prestasi Akademik Siswa

Tujuan keenam dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan prestasi akademik siswa. Meskipun kegiatan ekstrakurikuler dilakukan di luar jam belajar, namun kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa untuk meningkatkan prestasi akademik. Misalnya, siswa yang mengikuti klub debat dapat memperoleh keterampilan berbicara dan berpikir logis yang dapat membantu dalam pelajaran di kelas.

Meningkatkan Kemandirian Siswa

Tujuan ketujuh dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan kemandirian siswa. Melalui kegiatan ekstrakurikuler, siswa dapat belajar untuk mandiri dan mengambil keputusan sendiri. Misalnya, siswa yang mengikuti klub pramuka dapat memperoleh keterampilan bertahan hidup dan mandiri di alam bebas.

Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Sekolah

Tujuan kedelapan dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan keterlibatan siswa dalam sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membuat siswa merasa lebih terlibat dan memiliki rasa memiliki terhadap sekolah. Misalnya, siswa yang mengikuti klub musik dapat merasa bangga karena dapat tampil di acara sekolah.

Meningkatkan Persahabatan Siswa

Tujuan kesembilan dari kegiatan ekstrakurikuler adalah meningkatkan persahabatan siswa. Kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu siswa untuk berkenalan dengan teman-teman baru dan memperkuat hubungan persahabatan. Misalnya, siswa yang mengikuti klub fotografi dapat bertemu dengan teman yang memiliki minat yang sama di bidang fotografi.

Kesimpulan

Dari kegiatan ekstrakurikuler memiliki banyak manfaat yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan, kepribadian, kreativitas, kesehatan, rasa kepribadian sosial, prestasi akademik, kemandirian, keterlibatan dalam sekolah, dan persahabatan. Oleh karena itu, setiap siswa sebaiknya mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Read More :   Studio Foto Malang Ameltrias Photographie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *