Taklukkan Pasing Grade 2024 Farmasi UNPAD, Raih Impianmu Jadi Apoteker Unggul!

Pasing Grade 2024 Farmasi UNPAD

Taklukkan Pasing Grade 2024 Farmasi UNPAD, Raih Impianmu Jadi Apoteker Unggul!

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD

Nilai Lulus atau passing grade adalah nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di suatu program studi. Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD adalah nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi Farmasi di Universitas Padjadjaran pada tahun 2024.

Nilai Lulus memiliki peran penting dalam menentukan tingkat daya saing calon mahasiswa. Semakin tinggi Nilai Lulus, maka semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi tersebut. Hal ini wajar karena Nilai Lulus mencerminkan kualitas dan prestasi calon mahasiswa.

Pada tahun 2023, Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD adalah 650. Artinya, calon mahasiswa harus mendapatkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) minimal 650 agar dapat diterima di program studi Farmasi UNPAD. Nilai ini tentunya akan berubah setiap tahunnya, tergantung pada daya saing calon mahasiswa dan kebijakan UNPAD.

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD merupakan informasi yang penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dengan mengetahui Nilai Lulus, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD

Nilai Lulus atau passing grade merupakan informasi penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Berikut ini adalah 8 poin penting terkait Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD:

  • Definisi: Nilai minimum untuk diterima di Farmasi UNPAD pada tahun 2024.
  • Fungsi: Menentukan tingkat daya saing calon mahasiswa.
  • Manfaat: Memberikan informasi kepada calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri.
  • Tantangan: Semakin tinggi Nilai Lulus, semakin ketat persaingan.
  • Perubahan: Nilai Lulus dapat berubah setiap tahun.
  • Penentu: Nilai UTBK minimal 650 untuk diterima di Farmasi UNPAD pada tahun 2023.
  • Dampak: Nilai Lulus mempengaruhi peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan.
  • Informasi: Nilai Lulus dapat diperoleh dari situs web resmi UNPAD atau lembaga terkait lainnya.

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD memiliki dampak yang signifikan terhadap peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan kemampuan akademisnya agar dapat mencapai Nilai Lulus yang ditetapkan. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri adalah dengan mengikuti bimbingan belajar atau les privat. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat mengikuti ujian-ujian try out untuk mengukur kemampuan dan mengetahui kekurangannya.

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD juga dapat menjadi indikator kualitas dan prestasi calon mahasiswa. Semakin tinggi Nilai Lulus, maka semakin baik kualitas dan prestasi calon mahasiswa tersebut. Hal ini penting karena kualitas dan prestasi calon mahasiswa akan mempengaruhi keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Definisi

Nilai Lulus atau passing grade merupakan informasi penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Definisi Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD adalah nilai minimum yang harus dicapai oleh calon mahasiswa agar dapat diterima di program studi Farmasi di Universitas Padjadjaran pada tahun 2024.

  • Nilai UTBK:
    Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa harus mendapatkan nilai UTBK minimal 650 agar dapat diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Nilai Rapor:
Selain nilai UTBK, nilai rapor juga menjadi salah satu komponen dalam menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Nilai rapor yang baik akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Prestasi Tambahan:
Prestasi tambahan seperti kejuaraan olimpiade, lomba karya tulis ilmiah, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya juga dapat menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa. Prestasi tambahan dapat meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Kuota Penerimaan:
Kuota penerimaan program studi Farmasi UNPAD juga mempengaruhi Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Jika kuota penerimaan terbatas, maka Nilai Lulus akan semakin tinggi karena persaingan antar calon mahasiswa semakin ketat.

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD merupakan informasi penting yang harus diketahui oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dengan mengetahui Nilai Lulus, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Fungsi

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD memiliki fungsi penting dalam menentukan tingkat daya saing calon mahasiswa. Semakin tinggi Nilai Lulus, maka semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi Farmasi UNPAD. Hal ini wajar karena Nilai Lulus mencerminkan kualitas dan prestasi calon mahasiswa.

  • Nilai UTBK:
    Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa dengan nilai UTBK yang lebih tinggi akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.
Read More :   Panduan Jitu: Menaklukkan Passing Grade 2024 Manajemen UNJ Jakarta

Nilai Rapor:
Selain nilai UTBK, nilai rapor juga menjadi salah satu komponen dalam menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Nilai rapor yang baik akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD. Nilai rapor yang baik menunjukkan prestasi akademik calon mahasiswa selama di sekolah menengah atas.

Prestasi Tambahan:
Prestasi tambahan seperti kejuaraan olimpiade, lomba karya tulis ilmiah, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya juga dapat menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa. Prestasi tambahan menunjukkan bahwa calon mahasiswa memiliki kemampuan dan prestasi di luar bidang akademis. Prestasi tambahan dapat meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Kuota Penerimaan:
Kuota penerimaan program studi Farmasi UNPAD juga mempengaruhi Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Jika kuota penerimaan terbatas, maka Nilai Lulus akan semakin tinggi karena persaingan antar calon mahasiswa semakin ketat. Kuota penerimaan yang terbatas membuat persaingan untuk masuk ke program studi Farmasi UNPAD semakin ketat.

, Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD memiliki fungsi penting dalam menentukan tingkat daya saing calon mahasiswa. Calon mahasiswa dengan nilai UTBK, nilai rapor, prestasi tambahan, dan kuota penerimaan yang lebih baik akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Manfaat

Mengetahui Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD memberikan manfaat yang besar bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Manfaat utama dari Nilai Lulus adalah memberikan informasi kepada calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

  • Informasi Ujian Masuk:
    Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang materi dan tingkat kesulitan ujian masuk. Calon mahasiswa dapat menggunakan informasi ini untuk mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan nilai yang tinggi.

Strategi Belajar:
Dengan mengetahui Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD, calon mahasiswa dapat menyusun strategi belajar yang efektif dan efisien. Calon mahasiswa dapat fokus pada materi-materi yang penting dan memberikan porsi belajar yang lebih banyak untuk materi-materi yang sulit.

Target Belajar:
Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD dapat menjadi target belajar yang jelas bagi calon mahasiswa. Calon mahasiswa dapat berusaha untuk mencapai atau bahkan melampaui Nilai Lulus tersebut. Target belajar yang jelas akan membantu calon mahasiswa untuk tetap termotivasi dan fokus selama proses belajar.

Pemilihan Jurusan:
Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD juga dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Calon mahasiswa dapat mempertimbangkan Nilai Lulus jurusan-jurusan yang diminati dan memilih jurusan yang memiliki Nilai Lulus yang sesuai dengan kemampuan mereka.

Dengan mengetahui Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik, menyusun strategi belajar yang efektif, menetapkan target belajar yang jelas, dan memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan dan minat mereka. Semua hal ini akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Tantangan

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD yang tinggi merupakan tantangan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Semakin tinggi Nilai Lulus, semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi Farmasi UNPAD. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  • Jumlah Peminat yang Tinggi:
    Program studi Farmasi merupakan salah satu program studi yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Hal ini disebabkan oleh prospek kerja yang baik dan gaji yang tinggi bagi lulusan Farmasi.

Kuota Penerimaan yang Terbatas:
Kuota penerimaan program studi Farmasi UNPAD terbatas, sehingga tidak semua calon mahasiswa yang memenuhi Nilai Lulus dapat diterima. Hal ini membuat persaingan untuk masuk ke program studi Farmasi UNPAD semakin ketat.

Nilai UTBK yang Tinggi:
Nilai UTBK yang tinggi merupakan salah satu faktor utama yang menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa dengan nilai UTBK yang lebih tinggi akan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Prestasi Tambahan:
Selain nilai UTBK, prestasi tambahan seperti kejuaraan olimpiade, lomba karya tulis ilmiah, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya juga dapat menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa. Prestasi tambahan menunjukkan bahwa calon mahasiswa memiliki kemampuan dan prestasi di luar bidang akademis. Prestasi tambahan dapat meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Read More :   Strategi Ampuh Raih Pasing Grade 2024 Agribisnis UNPAD

Semakin tinggi Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD, semakin ketat persaingan untuk masuk ke program studi Farmasi UNPAD. Hal ini disebabkan oleh jumlah peminat yang tinggi, kuota penerimaan yang terbatas, nilai UTBK yang tinggi, dan prestasi tambahan yang menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa. Calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke program studi Farmasi UNPAD harus mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan kemampuan akademisnya agar dapat mencapai Nilai Lulus yang ditetapkan.

Perubahan

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD tidak bersifat permanen dan dapat berubah setiap tahun. Perubahan Nilai Lulus ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Jumlah Peminat:
    Jumlah peminat program studi Farmasi UNPAD dapat berubah setiap tahun. Jika jumlah peminat meningkat, maka Nilai Lulus juga akan cenderung meningkat karena persaingan semakin ketat.

Kuota Penerimaan:
Kuota penerimaan program studi Farmasi UNPAD juga dapat berubah setiap tahun. Jika kuota penerimaan berkurang, maka Nilai Lulus juga akan cenderung meningkat karena persaingan semakin ketat.

Nilai UTBK:
Nilai UTBK merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Jika rata-rata nilai UTBK calon mahasiswa meningkat, maka Nilai Lulus juga akan cenderung meningkat.

Kebijakan UNPAD:
UNPAD memiliki kewenangan untuk mengubah Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD setiap tahun. Perubahan ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kebijakan pemerintah, perubahan kurikulum, atau kondisi internal UNPAD.

Perubahan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD setiap tahun dapat berdampak pada peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus selalu memantau informasi terbaru tentang Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD dan mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mencapai Nilai Lulus yang ditetapkan.

Penentu

Nilai UTBK minimal 650 untuk diterima di Farmasi UNPAD pada tahun 2023 merupakan salah satu komponen penting dalam menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Hal ini menunjukkan bahwa nilai UTBK memiliki peran yang signifikan dalam menentukan apakah seorang calon mahasiswa dapat diterima di program studi Farmasi UNPAD.

  • Nilai UTBK:
    Nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu komponen utama dalam menentukan Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa harus mendapatkan nilai UTBK minimal 650 agar dapat diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Tes Potensi Skolastik (TPS):
Tes Potensi Skolastik (TPS) merupakan salah satu bagian dari UTBK yang mengukur kemampuan penalaran dan berpikir kritis calon mahasiswa. Nilai TPS yang baik akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Tes Kemampuan Akademik (TKA):
Tes Kemampuan Akademik (TKA) merupakan salah satu bagian dari UTBK yang mengukur kemampuan akademis calon mahasiswa dalam bidang Saintek dan Soshum. Nilai TKA yang baik akan meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Waktu Pengerjaan:
Waktu pengerjaan UTBK juga merupakan faktor yang penting. Calon mahasiswa harus dapat menyelesaikan soal-soal UTBK dalam waktu yang telah ditentukan. Kecepatan dan ketelitian dalam mengerjakan soal-soal UTBK akan mempengaruhi nilai UTBK yang diperoleh.

Nilai UTBK minimal 650 untuk diterima di Farmasi UNPAD pada tahun 2023 merupakan tantangan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke program studi Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar dengan giat agar dapat mencapai nilai UTBK yang ditetapkan.

Dampak

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD memiliki dampak yang signifikan terhadap peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan. Dampak tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek berikut:

  • Persaingan:
    Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD yang tinggi akan meningkatkan persaingan untuk masuk ke program studi Farmasi UNPAD. Hal ini disebabkan oleh banyaknya calon mahasiswa yang memiliki nilai yang memenuhi atau bahkan melebihi Nilai Lulus.

Kuota Penerimaan:
Kuota penerimaan program studi Farmasi UNPAD terbatas. Oleh karena itu, meskipun calon mahasiswa memiliki nilai yang memenuhi atau bahkan melebihi Nilai Lulus, tidak semua calon mahasiswa dapat diterima. Hanya calon mahasiswa dengan nilai tertinggi yang akan diterima.

Prestasi Tambahan:
Selain nilai UTBK dan nilai rapor, prestasi tambahan seperti kejuaraan olimpiade, lomba karya tulis ilmiah, atau kegiatan ekstrakurikuler lainnya juga dapat menjadi nilai tambah bagi calon mahasiswa. Prestasi tambahan dapat meningkatkan peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD, meskipun nilai UTBK atau nilai rapor mereka tidak terlalu tinggi.

Read More :   Raih Nilai Tinggi! Tips Lolos Passing Grade 2024 TRKBG D3 UNJ

Pilihan Kedua:
Bagi calon mahasiswa yang tidak diterima di program studi Farmasi UNPAD, mereka dapat memilih program studi lain yang memiliki Nilai Lulus lebih rendah. Namun, perlu diingat bahwa program studi lain tersebut mungkin tidak sesuai dengan minat atau bakat calon mahasiswa.

Dampak Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD terhadap peluang calon mahasiswa untuk diterima di program studi yang diinginkan sangatlah besar. Oleh karena itu, calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar dengan giat agar dapat mencapai Nilai Lulus yang ditetapkan. Selain itu, calon mahasiswa juga perlu mempertimbangkan prestasi tambahan yang dapat meningkatkan peluang mereka untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Informasi

Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD merupakan informasi penting bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Informasi tentang Nilai Lulus dapat diperoleh dari berbagai sumber, salah satunya adalah situs web resmi UNPAD atau lembaga terkait lainnya.

  • Situs Web Resmi UNPAD:
    Situs web resmi UNPAD merupakan sumber informasi resmi tentang Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa dapat mengakses situs web resmi UNPAD untuk mendapatkan informasi terbaru tentang Nilai Lulus, jadwal pendaftaran, dan persyaratan lainnya.

Lembaga Tes:
Lembaga tes yang menyelenggarakan UTBK juga menyediakan informasi tentang Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa dapat mengakses situs web lembaga tes untuk mendapatkan informasi tentang Nilai Lulus, jadwal ujian, dan hasil ujian.

Media Massa:
Media massa seperti surat kabar, majalah, dan portal berita online juga sering memberitakan tentang Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Calon mahasiswa dapat membaca berita-berita tersebut untuk mendapatkan informasi tentang Nilai Lulus.

Konsultasi dengan Guru BK:
Calon mahasiswa juga dapat berkonsultasi dengan guru BK di sekolah masing-masing untuk mendapatkan informasi tentang Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD. Guru BK biasanya memiliki informasi terbaru tentang Nilai Lulus dan persyaratan masuk perguruan tinggi.

Selain dari sumber-sumber tersebut, calon mahasiswa juga dapat memperoleh informasi tentang Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD dari lembaga bimbingan belajar atau kursus persiapan ujian masuk perguruan tinggi. Lembaga-lembaga tersebut biasanya memiliki informasi terbaru tentang Nilai Lulus dan dapat memberikan tips dan trik untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Kompetisi
1 2020 1.250 100 12,5
2 2021 1.300 100 13,0
3 2022 1.350 100 13,5
4 2023 1.400 100 14,0
No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Ketaatan
1 2020 1.250 100 98%
2 2021 1.300 100 97%
3 2022 1.350 100 96%
4 2023 1.400 100 95%

TIPS Mempersiapkan Diri untuk Pasing Grade 2024 Farmasi UNPAD

TIPS berikut ini dapat membantu calon mahasiswa untuk mempersiapkan diri menghadapi UTBK dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Tip 1: Pahami Materi UTBK:
Pelajari materi UTBK secara menyeluruh, termasuk Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). Pastikan untuk memahami konsep dasar dan materi pokok dari setiap mata pelajaran.

Tip 2: Latihan Soal UTBK:
Kerjakan latihan soal UTBK secara rutin untuk menguji pemahaman materi dan mengasah keterampilan mengerjakan soal. Gunakan soal-soal UTBK tahun-tahun sebelumnya sebagai bahan latihan.

Tip 3: Ikuti Bimbingan Belajar atau Kursus:
Jika merasa kesulitan dalam memahami materi atau mengerjakan soal UTBK, pertimbangkan untuk mengikuti bimbingan belajar atau kursus persiapan UTBK. Lembaga-lembaga tersebut biasanya memiliki materi dan metode belajar yang sistematis.

Tip 4: Jaga Kesehatan Fisik dan Mental:
Pastikan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental selama persiapan UTBK. Konsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan cukup tidur. Kesehatan yang baik akan membantu Anda tetap fokus dan berkonsentrasi selama ujian.

Tip 5: Kelola Waktu dengan Baik:
Buat jadwal belajar yang efektif dan konsisten. Pastikan untuk mengalokasikan waktu yang cukup untuk belajar setiap mata pelajaran dan mengerjakan latihan soal. Hindari belajar secara berlebihan atau terlalu dekat dengan waktu ujian.

Tip 6: Tetap Tenang dan Percaya Diri:
Pada hari ujian, tetap tenang dan percaya diri. Jangan panik jika ada soal yang sulit. Fokus pada soal-soal yang Anda kuasai terlebih dahulu. Ingatlah bahwa UTBK adalah ujian yangdan semua peserta memiliki kesempatan yang sama untuk diterima di program studi yang diinginkan.

Dengan mengikuti TIPS di atas, calon mahasiswa dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi UTBK dan meningkatkan peluang untuk diterima di program studi Farmasi UNPAD.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang strategi-strategi yang dapat digunakan oleh calon mahasiswa untuk menghadapi UTBK dan mencapai Nilai Lulus 2024 Farmasi UNPAD.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *