Ide Kerajinan Dari Tutup Botol Yang Kreatif Dan Ramah Lingkungan

ide kerajinan dari tutup botol
image source : bing.com

Selamat datang! Kali ini, saya ingin berbagi ide kerajinan yang bisa Anda buat dari tutup botol bekas. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memberikan inspirasi kepada Anda yang ingin membuat kerajinan tangan yang ramah lingkungan dan dapat mengurangi sampah plastik di lingkungan sekitar.

Ide Kerajinan dari Tutup Botol

Tutup botol plastik bisa dijadikan bahan yang sangat kreatif untuk membuat aneka kerajinan tangan. Berikut adalah beberapa ide kerajinan yang bisa Anda coba:

1. Tempat Pensil

Dari tutup botol, Anda bisa membuat tempat pensil yang unik dan lucu. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, cat, gunting, dan lem. Potong tutup botol sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, cat tutup botol dengan warna yang disukai dan biarkan kering. Setelah itu, tempelkan potongan tutup botol dengan lem hingga membentuk tempat pensil.

2. Miniatur Tanaman

Dari tutup botol bekas, Anda juga bisa membuat miniatur tanaman yang bisa dijadikan pajangan di ruangan. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, tanah, biji tanaman, dan gunting. Potong tutup botol hingga setengah bagian, kemudian isi dengan tanah dan biji tanaman. Siram secara teratur dan letakkan di tempat yang terkena sinar matahari. Tunggu beberapa hari hingga biji tumbuh menjadi tanaman kecil.

3. Gantungan Kunci

Dari tutup botol, Anda juga bisa membuat gantungan kunci yang unik dan kreatif. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, kawat, gunting, dan lem. Potong tutup botol sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, buat lubang di tengah tutup botol dan masukkan kawat sebagai tempat gantungan. Tempelkan potongan tutup botol dengan lem hingga membentuk gantungan kunci.

Read More :   Contoh Surat Sakit Ke Sekolah

4. Tempat Sabun

Dari tutup botol bekas, Anda bisa membuat tempat sabun yang unik dan ramah lingkungan. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, gunting, dan lem. Potong tutup botol hingga setengah bagian, kemudian tempelkan dengan lem pada tempat sabun yang sudah ada. Tempat sabun dari tutup botol ini bisa berguna untuk tempat cuci tangan di kamar mandi atau dapur.

5. Kotak Penyimpanan

Dari tutup botol bekas, Anda bisa membuat kotak penyimpanan yang unik dan berguna. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, gunting, dan lem. Potong tutup botol sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, tempelkan potongan tutup botol dengan lem hingga membentuk kotak penyimpanan. Kotak penyimpanan dari tutup botol ini bisa digunakan untuk menyimpan perhiasan, koin, atau barang kecil lainnya.

6. Tempat Permen

Dari tutup botol bekas, Anda bisa membuat tempat permen yang unik dan lucu. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, cat, gunting, dan lem. Potong tutup botol sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, cat tutup botol dengan warna yang disukai dan biarkan kering. Setelah itu, tempelkan potongan tutup botol dengan lem hingga membentuk tempat permen.

7. Hiasan Dinding

Dari tutup botol bekas, Anda bisa membuat hiasan dinding yang unik dan menarik. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, cat, gunting, dan lem. Potong tutup botol sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, cat tutup botol dengan warna yang disukai dan biarkan kering. Setelah itu, tempelkan potongan tutup botol dengan lem pada kertas karton atau kain yang sudah dipotong sesuai dengan ukuran tutup botol. Siapkan tali atau pita sebagai penggantung hiasan dinding dari tutup botol ini.

Read More :   Ide Kerajinan Dari Botol Bekas

8. Tempat Tisu

Dari tutup botol bekas, Anda bisa membuat tempat tisu yang unik dan ramah lingkungan. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, gunting, dan lem. Potong tutup botol hingga bagian atas dan bawahnya terbuka. Kemudian, tempelkan potongan tutup botol dengan lem hingga membentuk tempat tisu. Tempat tisu dari tutup botol ini bisa digunakan di meja kerja atau di dalam mobil.

9. Mainan Anak

Dari tutup botol bekas, Anda bisa membuat mainan anak yang lucu dan kreatif. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, cat, kertas karton, gunting, dan lem. Potong tutup botol sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Kemudian, cat tutup botol dengan warna yang disukai dan biarkan kering. Setelah itu, buat bentuk kepala binatang atau mobil dari kertas karton dan tempelkan pada tutup botol. Mainan anak dari tutup botol ini bisa berguna untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi anak.

10. Lampu Tidur

Dari tutup botol bekas, Anda bisa membuat lampu tidur yang unik dan menarik. Caranya cukup mudah, siapkan tutup botol bekas, lampu LED kecil, gunting, dan lem. Potong tutup botol hingga bagian atas dan bawahnya terbuka. Kemudian, pasang lampu LED kecil di dalam tutup botol dan tempelkan potongan tutup botol dengan lem hingga membentuk lampu tidur yang unik dan menarik.

Kesimpulan

Itulah beberapa ide kerajinan yang bisa Anda buat dari tutup botol bekas. Selain mudah dan murah, kerajinan dari tutup botol ini juga ramah lingkungan dan dapat mengurangi sampah plastik di lingkungan sekitar. Yuk, coba membuat kerajinan dari tutup botol bekas dan kembangkan kreativitas Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *