Tips Jitu Raih Pasing Grade Kimia Unnes 2024, Yuk Simak!

Pasing Grade 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang

Tips Jitu Raih Pasing Grade Kimia Unnes 2024, Yuk Simak!

Apa itu Nilai Lulus SBMPTN 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang?

Nilai Lulus SBMPTN 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang adalah nilai minimum yang harus dicapai oleh peserta SBMPTN 2024 untuk dapat diterima di program studi Kimia Universitas Negeri Semarang. Misalnya, pada tahun 2023, nilai lulus untuk Kimia Unnes adalah 525.

Nilai lulus ini penting karena menjadi penentu apakah seorang peserta dapat diterima di program studi yang diinginkan. Selain itu, nilai lulus juga dapat memberikan gambaran tentang tingkat daya saing program studi tersebut.

Dalam sejarahnya, nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes pernah mengalami perubahan. Pada tahun 2022, nilai lulusnya adalah 530, sedangkan pada tahun 2021 adalah 515.

Nilai Lulus SBMPTN 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang akan diumumkan setelah pelaksanaan ujian SBMPTN 2024. Informasi lebih lanjut tentang nilai lulus ini dapat dilihat di laman resmi LTMPT.

Nilai Lulus SBMPTN 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang

Nilai lulus SBMPTN 2024 Kimia Unnes merupakan faktor penting yang menentukan keberhasilan peserta SBMPTN 2024 dalam meraih program studi yang diinginkan.

  • Definisi: Nilai minimum untuk diterima di Kimia Unnes
  • Fungsi: Penentu kelulusan peserta SBMPTN
  • Manfaat: Memberikan kesempatan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi
  • Tantangan: Daya saing tinggi dan terbatasnya kuota
  • Komponen: Tes TKA Saintek dan TKA Soshum
  • Bobot: 60% TKA Saintek dan 40% TKA Soshum
  • Pemeringkatan: Berdasarkan nilai tertinggi
  • Penggunaan: Seleksi mahasiswa baru Kimia Unnes
  • Pengumuman: Setelah pelaksanaan ujian SBMPTN

Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes tiap tahunnya mengalami perubahan, tergantung pada daya saing dan kuota yang tersedia. Pada tahun 2023, nilai lulusnya adalah 525, sedangkan pada tahun 2022 adalah 530. Untuk mengetahui nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes tahun 2024, peserta dapat mengakses laman resmi LTMPT setelah pelaksanaan ujian SBMPTN 2024.

Definisi

Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes merupakan nilai minimal yang harus dicapai peserta SBMPTN untuk dapat diterima di program studi Kimia Universitas Negeri Semarang. Nilai ini ditentukan berdasarkan hasil ujian SBMPTN yang meliputi Tes Kompetensi Akademik (TKA) Saintek dan TKA Soshum.

  • Nilai TKA Saintek:
    Nilai TKA Saintek merupakan salah satu komponen nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes. Nilai ini diperoleh dari hasil ujian TKA Saintek yang meliputi Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.
  • Nilai TKA Soshum:
    Nilai TKA Soshum merupakan salah satu komponen nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes. Nilai ini diperoleh dari hasil ujian TKA Soshum yang meliputi Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi.
  • Bobot Nilai:
    Nilai TKA Saintek memiliki bobot 60% dalam perhitungan nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes, sedangkan nilai TKA Soshum memiliki bobot 40%. Artinya, nilai TKA Saintek lebih berpengaruh terhadap nilai lulus dibandingkan nilai TKA Soshum.
  • Pemeringkatan Peserta:
    Peserta SBMPTN Kimia Unnes akan diperingkatkan berdasarkan nilai lulus mereka. Peserta dengan nilai lulus tertinggi akan berada di peringkat teratas dan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Kimia Unnes.

Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes setiap tahunnya dapat berubah, tergantung pada daya saing dan kuota yang tersedia. Oleh karena itu, peserta SBMPTN Kimia Unnes harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai nilai lulus yang tinggi dan berpeluang untuk diterima di program studi Kimia Unnes.

Fungsi

Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes berfungsi sebagai penentu kelulusan peserta SBMPTN untuk dapat diterima di program studi Kimia Universitas Negeri Semarang. Fungsi ini memiliki beberapa aspek atau komponen penting, di antaranya:

  • Kelulusan Minimum:

    Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes merupakan nilai minimum yang harus dicapai peserta SBMPTN agar dapat dinyatakan lulus dan berpeluang untuk diterima di program studi Kimia Unnes.

  • Peringkat Peserta:

    Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes digunakan untuk menentukan peringkat peserta SBMPTN. Peserta dengan nilai lulus tertinggi akan berada di peringkat teratas dan memiliki peluang lebih besar untuk diterima di program studi Kimia Unnes.

  • Kuota Penerimaan:

    Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes juga menjadi salah satu faktor yang menentukan kuota penerimaan program studi Kimia Unnes. Semakin tinggi nilai lulus SBMPTN, maka semakin sedikit kuota penerimaan yang tersedia.

  • Seleksi Mahasiswa Baru:

    Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes digunakan sebagai salah satu kriteria seleksi mahasiswa baru program studi Kimia Unnes. Peserta dengan nilai lulus tertinggi akan lebih diprioritaskan untuk diterima di program studi Kimia Unnes.

Dengan demikian, nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes merupakan faktor yang sangat penting bagi peserta SBMPTN yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi Kimia Universitas Negeri Semarang. Peserta harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya agar dapat mencapai nilai lulus yang tinggi dan berpeluang untuk diterima di program studi Kimia Unnes.

Read More :   Panduan Lengkap: Taklukkan Pasing Grade 2024 S1 Teknik Geodesi Undip Semarang!

Manfaat melanjutkan pendidikan pada Universitas Grade 2024 (Universitas Negeri Semarang) antara lain:

1. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah salah satu kesempatan yang sangat baik untuk mengembangkan wawasan dan pengetahuan. Peserta dengan wawasan dan pengetahuan yang baik akan memiliki peluang yang lebih baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

2. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi juga merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang baik. Lulusan dengan pendidikan yang baik akan memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

3. Melanjutkan pendidikan ke per nought university is also an opportunity to contribute to the development of society. Graduates with a good education will have the opportunity to get a better job and contribute to the development of society.

4. Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi juga merupakan salah satu kesempatan untuk mendapatkan pengalaman hidup yang baru. Selama kuliah, mahasiswa akan belajar banyak hal baru, bertemu dengan banyak orang baru, dan mengalami banyak hal baru.

Bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu pilihan yang tepat. Universitas Negeri Semarang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan kualitas pendidikan yang baik. Selain itu, Universitas Negeri Semarang juga memiliki biaya kuliah yang terjangkau sehingga dapat dijangkau oleh sebagian besar masyarakat.

Tantangan

Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes yang tinggi dan terbatasnya kuota penerimaan program studi Kimia Unnes merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh peserta SBMPTN yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi Kimia Unnes.

  • Persaingan yang Ketat:

    Program studi Kimia Unnes merupakan salah satu program studi yang diminati oleh banyak peserta SBMPTN. Hal ini menyebabkan persaingan untuk masuk ke program studi Kimia Unnes menjadi sangat ketat.

  • Kuota Penerimaan Terbatas:

    Kuota penerimaan program studi Kimia Unnes terbatas, sehingga tidak semua peserta SBMPTN yang memenuhi nilai lulus dapat diterima di program studi Kimia Unnes.

  • Nilai Lulus yang Tinggi:

    Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes yang tinggi membuat peserta SBMPTN harus mempersiapkan diri dengan baik agar dapat mencapai nilai lulus tersebut.

  • Biaya Kuliah yang Relatif Tinggi:

    Biaya kuliah di Universitas Negeri Semarang relatif tinggi, sehingga peserta SBMPTN yang diterima di program studi Kimia Unnes harus mempersiapkan biaya kuliah yang cukup.

Dengan mempertimbangkan tantangan-tantangan tersebut, peserta SBMPTN yang ingin melanjutkan pendidikan di program studi Kimia Unnes harus mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Peserta harus belajar dengan giat dan mencapai nilai lulus SBMPTN yang tinggi. Selain itu, peserta juga harus mempersiapkan biaya kuliah yang cukup dan mempertimbangkan biaya hidup di Semarang.

Komponen

Nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes ditentukan oleh hasil ujian TKA Saintek dan TKA Soshum. Kedua tes ini memiliki komponen-komponen yang berbeda dengan bobot penilaian yang berbeda pula.

  • Tes TKA Saintek:

    Tes TKA Saintek terdiri dari empat bagian, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Masing-masing bagian memiliki bobot penilaian yang sama, yaitu 25%. Soal-soal dalam tes TKA Saintek umumnya berupa soal-soal pilihan ganda dan uraian.

  • Tes TKA Soshum:

    Tes TKA Soshum terdiri dari empat bagian, yaitu Sejarah, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi. Masing-masing bagian memiliki bobot penilaian yang sama, yaitu 25%. Soal-soal dalam tes TKA Soshum umumnya berupa soal-soal pilihan ganda dan uraian.

  • Bobot Nilai:

    Nilai TKA Saintek memiliki bobot 60% dalam perhitungan nilai lulus SBMPTN Kimia Unnes, sedangkan nilai TKA Soshum memiliki bobot 40%. Artinya, nilai TKA Saintek lebih berpengaruh terhadap nilai lulus dibandingkan nilai TKA Soshum.

  • Waktu Pengerjaan:

    Tes TKA Saintek dan TKA Soshum masing-masing memiliki waktu pengerjaan selama 120 menit. Peserta harus mampu menyelesaikan seluruh soal dalam waktu yang tersedia.

Komponen-komponen Tes TKA Saintek dan TKA Soshum tersebut harus dikuasai dengan baik oleh peserta SBMPTN Kimia Unnes agar dapat mencapai nilai lulus yang tinggi. Peserta harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar dengan giat untuk menghadapi ujian SBMPTN.

Bobot

Bobot TKA Saintek dan TKA Soshum dalam SBMPTN Kimia Unnes memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai lulus atau passing grade. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor.

  • Komposisi Soal:
    Soal-soal pada ujian TKA Saintek umumnya lebih sulit dibandingkan soal-soal pada ujian TKA Soshum. Hal ini menyebabkan peserta SBMPTN Kimia Unnes harus memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bidang Saintek agar dapat memperoleh nilai yang tinggi.
  • Peminat Program Studi:
    Program studi Kimia Unnes merupakan salah satu program studi yang diminati oleh banyak peserta SBMPTN. Hal ini menyebabkan persaingan untuk masuk ke program studi Kimia Unnes menjadi sangat ketat. Akibatnya, peserta SBMPTN Kimia Unnes harus memperoleh nilai yang lebih tinggi agar dapat diterima di program studi tersebut.
Read More :   Strategi Mendulang Nilai Unggul: Panduan Raih Passing Grade 2024 Manajemen UGM Yogyakarta

Selain itu, bobot TKA Saintek dan TKA Soshum juga mempengaruhi strategi belajar peserta SBMPTN Kimia Unnes. Peserta yang memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bidang Saintek akan cenderung lebih fokus belajar mata pelajaran Saintek, sedangkan peserta yang memiliki kemampuan yang lebih baik dalam bidang Soshum akan cenderung lebih fokus belajar mata pelajaran Soshum.

Dengan demikian, bobot TKA Saintek dan TKA Soshum dalam SBMPTN Kimia Unnes merupakan faktor yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh peserta SBMPTN Kimia Unnes. Peserta harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar dengan giat untuk menghadapi ujian SBMPTN agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dan diterima di program studi Kimia Unnes.

Pemeringkatan

Pemeringkatan peserta SBMPTN Kimia Unnes berdasarkan nilai tertinggi memiliki hubungan yang erat dengan Pasing Grade 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

  • Penyebab dan Akibat:
    Pemeringkatan peserta SBMPTN Kimia Unnes berdasarkan nilai tertinggi merupakan salah satu faktor yang menentukan Pasing Grade 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang. Semakin tinggi peringkat peserta, semakin tinggi pula nilai yang harus mereka dapatkan agar dapat diterima di program studi Kimia Unnes. Hal ini disebabkan karena kuota penerimaan program studi Kimia Unnes terbatas, sehingga hanya peserta dengan nilai tertinggi yang akan diterima.
  • Komponen:
    Pemeringkatan peserta SBMPTN Kimia Unnes berdasarkan nilai tertinggi merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penerimaan mahasiswa baru program studi Kimia Unnes. Komponen ini digunakan untuk menyeleksi peserta yang memenuhi syarat untuk diterima di program studi Kimia Unnes.
  • Contoh:
    Pada tahun 2023, peringkat peserta SBMPTN Kimia Unnes tertinggi diraih oleh peserta dengan nilai 650. Nilai ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Pasing Grade 2023 Kimia Unnes yang sebesar 525. Hal ini menunjukkan bahwa peserta dengan peringkat tertinggi memiliki peluang yang lebih besar untuk diterima di program studi Kimia Unnes.
  • Aplikasi:
    Pemahaman tentang pemeringkatan peserta SBMPTN Kimia Unnes berdasarkan nilai tertinggi dapat membantu peserta dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian SBMPTN. Peserta dapat mempelajari materi ujian dengan lebih giat dan mengerjakan soal-soal latihan agar dapat memperoleh nilai yang tinggi. Selain itu, peserta juga dapat mengetahui peluang mereka untuk diterima di program studi Kimia Unnes dengan membandingkan nilai mereka dengan nilai peringkat tertinggi.

Dengan demikian, pemeringkatan peserta SBMPTN Kimia Unnes berdasarkan nilai tertinggi merupakan faktor yang sangat penting dalam sistem penerimaan mahasiswa baru program studi Kimia Unnes. Peserta harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar dengan giat agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dan diterima di program studi Kimia Unnes.

Penggunaan

Penggunaan nilai Pasing Grade 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang (Unnes) dalam seleksi mahasiswa baru program studi Kimia Unnes memiliki hubungan yang erat dan saling mempengaruhi. Berikut adalah beberapa penjelasannya:

Hubungan Sebab Akibat:
Nilai Pasing Grade Kimia Unnes merupakan salah satu faktor yang menentukan jumlah mahasiswa yang diterima di program studi Kimia Unnes. Semakin tinggi nilai Pasing Grade, semakin sedikit mahasiswa yang diterima. Hal ini disebabkan karena kuota penerimaan program studi Kimia Unnes terbatas, sehingga hanya mahasiswa dengan nilai tertinggi yang dapat diterima.

Komponen:
Nilai Pasing Grade Kimia Unnes merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penerimaan mahasiswa baru program studi Kimia Unnes. Komponen ini digunakan untuk menyeleksi mahasiswa yang memenuhi syarat untuk diterima di program studi Kimia Unnes. Mahasiswa yang memiliki nilai ujian TKA Saintek dan TKA Soshum di atas nilai Pasing Grade berhak untuk mengikuti seleksi selanjutnya, yaitu ujian keterampilan dasar (UKD).

Contoh:
Pada tahun 2023, nilai Pasing Grade Kimia Unnes adalah 525. Artinya, mahasiswa yang memiliki nilai ujian TKA Saintek dan TKA Soshum di atas 525 berhak untuk mengikuti UKD. Dari hasil UKD tersebut, mahasiswa yang memperoleh nilai tertinggi akan diterima di program studi Kimia Unnes sesuai dengan daya tampung yang tersedia.

Aplikasi:
Pemahaman tentang penggunaan nilai Pasing Grade Kimia Unnes dalam seleksi mahasiswa baru dapat membantu calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian SBMPTN. Calon mahasiswa dapat mempelajari materi ujian dengan lebih giat dan mengerjakan soal-soal latihan agar dapat memperoleh nilai yang tinggi. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat mengetahui peluang mereka untuk diterima di program studi Kimia Unnes dengan membandingkan nilai mereka dengan nilai Pasing Grade.

Read More :   Raih Suksesmu! Tips Mudah Lolos Pasing Grade 2024 D3 Metrologi dan Instrumentasi UGM

Kesimpulan:
Nilai Pasing Grade Kimia Unnes merupakan faktor yang sangat penting dalam seleksi mahasiswa baru program studi Kimia Unnes. Nilai ini digunakan untuk menyeleksi mahasiswa yang memenuhi syarat untuk diterima di program studi Kimia Unnes. Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar dengan giat agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dan diterima di program studi Kimia Unnes.

Pengumuman

Pengumuman hasil ujian SBMPTN merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh para peserta SBMPTN. Pengumuman ini memiliki hubungan yang erat dengan Pasing Grade 2024 Kimia Universitas Negeri Semarang (Unnes).

Hubungan Sebab Akibat:

Pengumuman hasil ujian SBMPTN menentukan peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti seleksi masuk program studi Kimia Unnes. Peserta yang memperoleh nilai ujian TKA Saintek dan TKA Soshum di atas Pasing Grade berhak untuk mengikuti ujian keterampilan dasar (UKD). Hasil UKD tersebut kemudian digunakan untuk menentukan peserta yang diterima di program studi Kimia Unnes.

Komponen:

Pengumuman hasil ujian SBMPTN merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penerimaan mahasiswa baru program studi Kimia Unnes. Pengumuman ini menjadi dasar bagi peserta untuk mengetahui apakah mereka memenuhi syarat untuk mengikuti UKD dan apakah mereka diterima di program studi Kimia Unnes.

Contoh:

Pada tahun 2023, pengumuman hasil ujian SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 23 Juni 2023. Peserta yang memperoleh nilai ujian TKA Saintek dan TKA Soshum di atas 525 berhak untuk mengikuti UKD. UKD dilaksanakan pada tanggal 1-2 Juli 2023. Hasil UKD tersebut kemudian digunakan untuk menentukan peserta yang diterima di program studi Kimia Unnes.

Aplikasi:

Pemahaman tentang hubungan antara pengumuman hasil ujian SBMPTN dan Pasing Grade 2024 Kimia Unnes dapat membantu calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian SBMPTN. Calon mahasiswa dapat mempelajari materi ujian dengan lebih giat dan mengerjakan soal-soal latihan agar dapat memperoleh nilai yang tinggi. Selain itu, calon mahasiswa juga dapat mengetahui peluang mereka untuk diterima di program studi Kimia Unnes dengan membandingkan nilai mereka dengan Pasing Grade.

Kesimpulan:

Pengumuman hasil ujian SBMPTN merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi Pasing Grade 2024 Kimia Unnes. Pengumuman ini digunakan untuk menentukan peserta yang memenuhi syarat untuk mengikuti UKD dan apakah mereka diterima di program studi Kimia Unnes. Calon mahasiswa harus mempersiapkan diri dengan baik dan belajar dengan giat agar dapat memperoleh nilai yang tinggi dan diterima di program studi Kimia Unnes.

No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Kompetisi
1 2020 1.523 80 19,04
2 2021 1.380 80 17,25
3 2022 1.256 80 15,70
4 2023 1.123 80 14,04
No Tahun Jumlah Pendaftar Daya Tampung Nilai Ketaatan
1 2020 1.523 80 0,95
2 2021 1.380 80 0,93
3 2022 1.256 80 0,91
4 2023 1.123 80 0,89

Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi SBMPTN Kimia Unnes

Bagian ini berisi beberapa tips yang dapat membantu peserta SBMPTN Kimia Unnes dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian.

Tip 1: Pelajari Materi Ujian Secara Mendalam
Pelajari materi ujian SBMPTN Kimia Unnes secara mendalam, termasuk materi TKA Saintek dan TKA Soshum. Pastikan untuk menguasai konsep-konsep dasar dan rumus-rumus yang penting.Tip 2: Latihan Soal Secara Rutin
Latihan soal secara rutin untuk mengasah kemampuan mengerjakan soal-soal SBMPTN Kimia Unnes. Kerjakan soal-soal latihan dari berbagai sumber, seperti buku-buku latihan, soal-soal ujian tahun sebelumnya, dan try out online.Tip 3: Ikuti Try Out SBMPTN
Ikuti try out SBMPTN untuk mengukur kemampuan dan kesiapan dalam menghadapi ujian SBMPTN yang sebenarnya. Try out juga dapat membantu peserta untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN.Tip 4: Jaga Kesehatan dan Kondisi Fisik
Jaga kesehatan dan kondisi fisik agar tetap prima menjelang ujian SBMPTN. Konsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur, dan istirahat yang cukup. Hindari begadang dan stres berlebihan.Tip 5: Kelola Waktu dengan Efektif
Kelola waktu dengan efektif selama belajar dan mengerjakan soal-soal ujian SBMPTN. Buat jadwal belajar yang teratur dan disiplin, serta alokasikan waktu yang cukup untuk setiap mata pelajaran.Tip 6: Tetap Tenang dan Percaya Diri
Tetap tenang dan percaya diri selama menghadapi ujian SBMPTN. Jangan panik dan terburu-buru dalam mengerjakan soal-soal ujian. Baca soal-soal dengan seksama dan jawab dengan tenang.

Dengan mengikuti tips-tips tersebut, peserta SBMPTN Kimia Unnes diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan baik dan meraih hasil yang optimal dalam ujian.

Pada bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang strategi-strategi yang dapat dilakukan peserta SBMPTN Kimia Unnes untuk meningkatkan peluang diterima di program studi Kimia Unnes.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *