Ide Kegiatan Class Meeting, Asyik Menyenangkan

ide kegiatan class meeting
image source : bing.com

Selamat datang, pembaca! Dalam artikel kali ini, saya ingin membahas tentang ide kegiatan untuk class meeting. Sebagai seorang siswa atau mahasiswa, class meeting adalah momen penting untuk berkumpul dan berdiskusi bersama teman-teman sekelas. Namun, seringkali kita merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja. Oleh karena itu, saya ingin berbagi beberapa ide kegiatan yang bisa membuat class meeting menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat.

1. Debating

Satu ide kegiatan yang bisa dilakukan dalam class meeting adalah debating. Kegiatan ini akan membuat siswa atau mahasiswa menjadi lebih terlatih dalam berbicara di depan umum. Selain itu, debating juga bisa meningkatkan kemampuan analisis dan kritis dalam berpikir.

2. Sharing Session

Sharing session adalah kegiatan dimana setiap anggota kelas berbagi pengalaman atau cerita tentang topik tertentu. Misalnya, sharing session tentang pengalaman belajar online selama pandemi. Kegiatan ini bisa membuat kita lebih empati dan memahami sudut pandang orang lain.

3. Quiz

Quiz adalah kegiatan yang bisa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa atau mahasiswa. Buatlah quiz yang menarik dan edukatif, seperti quiz tentang sejarah atau budaya Indonesia. Jangan lupa untuk memberikan hadiah menarik untuk pemenang quiz!

4. Role Play

Role play adalah kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan kerja sama dalam kelompok. Tentukan skenario dan peran untuk setiap anggota kelas, misalnya skenario tentang presentasi produk. Kegiatan ini bisa menjadi sangat menyenangkan jika dilakukan dengan sungguh-sungguh.

Read More :   Daftar Sekolah Smk Di Surabaya

5. Workshop

Workshop adalah kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan praktis siswa atau mahasiswa. Tentukan topik workshop yang sesuai dengan jurusan atau minat kelas, misalnya workshop fotografi atau desain grafis. Jangan lupa untuk mengundang narasumber atau pengajar yang kompeten dalam bidang tersebut.

6. Brainstorming

Brainstorming adalah kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan solutif. Tentukan topik atau masalah tertentu, misalnya masalah lingkungan di sekolah atau universitas. Ajak seluruh anggota kelas untuk berpartisipasi dalam mencari solusi terbaik.

7. Debate Competition

Debate competition adalah kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan berbicara dan berpikir kritis dalam kelompok. Tentukan topik debate yang menarik dan kontroversial, misalnya tentang kebijakan pemerintah. Buatlah kompetisi yang seru dan adil, dengan hadiah menarik untuk pemenang.

8. Games

Games adalah kegiatan yang bisa membuat class meeting lebih menyenangkan dan santai. Pilihlah games yang bisa dimainkan dalam kelompok, seperti charades atau pictionary. Kegiatan ini bisa menjadi penghilang stres yang efektif setelah belajar yang berat.

9. Talk Show

Talk show adalah kegiatan yang bisa meningkatkan kemampuan berbicara dan mengekspresikan ide dalam kelompok. Undang narasumber atau pengajar yang kompeten dalam topik tertentu, dan ajak seluruh anggota kelas untuk bertanya dan berdiskusi.

10. Movie Screening

Movie screening adalah kegiatan yang bisa meningkatkan pemahaman dan apresiasi akan seni dan budaya. Pilihlah film yang edukatif dan inspiratif, seperti film dokumenter atau film tentang tokoh inspiratif. Setelah menonton, ajak seluruh anggota kelas untuk berdiskusi dan memberikan pendapat.

Kesimpulan

Itulah beberapa ide kegiatan untuk class meeting yang bisa saya bagikan. Semoga kegiatan-kegiatan tersebut bisa membuat class meeting lebih bermanfaat dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Read More :   Tema Buku Tahunan Sekolah Dasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *