Contoh Jurnal Sekolah Sma

contoh jurnal sekolah sma
image source : bing.com

Hai semuanya! Saya ingin berbicara tentang salah satu tugas sekolah yang sering diberikan kepada siswa SMA, yaitu membuat jurnal. Saya memutuskan untuk menulis artikel ini agar dapat membantu kalian memahami apa itu jurnal dan bagaimana cara membuatnya dengan benar.

Apa itu Jurnal?

Jurnal adalah catatan harian yang berisi refleksi siswa tentang kegiatan dan pembelajaran yang telah dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, jurnal ini disusun dalam bentuk tulisan atau esai yang berisi tentang pengalaman dan pendapat siswa tentang apa yang sudah dipelajari di sekolah.

Manfaat Membuat Jurnal

Membuat jurnal dapat memberikan banyak manfaat untuk siswa. Pertama, jurnal dapat membantu siswa untuk memahami dan mengingat kembali materi yang sudah dipelajari. Kedua, jurnal dapat membantu siswa untuk merenungkan kembali pengalaman belajar mereka. Ketiga, jurnal dapat membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan menulis dan berpikir kritis.

Cara Membuat Jurnal

Untuk membuat jurnal, siswa perlu menentukan topik atau tema yang ingin dibahas. Setelah itu, siswa perlu menuliskan pengalaman dan pendapat mereka tentang topik tersebut. Siswa juga perlu mengaitkan pengalaman dan pendapat mereka dengan materi yang sudah dipelajari di sekolah. Selain itu, siswa perlu menulis dalam bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Format Jurnal

Format jurnal dapat bervariasi tergantung pada preferensi guru atau sekolah. Namun, umumnya jurnal terdiri dari tiga bagian utama: pengantar, isi, dan penutup. Pengantar berisi tentang topik atau tema yang akan dibahas. Isi berisi tentang pengalaman dan pendapat siswa tentang topik tersebut. Sedangkan penutup berisi tentang kesimpulan dan refleksi siswa tentang pembelajaran yang telah dilakukan.

Read More :   Tips Menentukan Desain Halaman Yang Sesuai Untuk Yearbook

Contoh Jurnal

Berikut adalah contoh jurnal tentang pengalaman belajar bahasa Inggris:

Hari ini saya belajar tentang tenses dalam bahasa Inggris. Saya merasa agak kesulitan untuk memahami konsep ini karena tenses memiliki banyak aturan yang rumit. Namun, saya berusaha untuk memahami setiap aturan dan mengaplikasikannya dalam latihan soal. Setelah berlatih selama beberapa jam, akhirnya saya bisa memahami tenses dengan lebih baik. Saya merasa senang dan bangga dengan diri saya sendiri karena telah berhasil memahami materi yang awalnya sulit.

Tips Membuat Jurnal

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu siswa dalam membuat jurnal:

  • Tuliskan pengalaman dan pendapat dengan jujur dan apa adanya
  • Kaitkan pengalaman dan pendapat dengan materi yang sudah dipelajari di sekolah
  • Gunakan bahasa yang mudah dipahami
  • Sisipkan refleksi dan kesimpulan di akhir jurnal

Kesimpulan

Jurnal adalah tugas sekolah yang penting dan memberikan banyak manfaat bagi siswa. Dengan membuat jurnal, siswa dapat memahami dan mengingat kembali materi yang sudah dipelajari, merenungkan kembali pengalaman belajar mereka, dan mengembangkan kemampuan menulis dan berpikir kritis. Oleh karena itu, siswa perlu mempelajari cara membuat jurnal dengan benar dan mempraktikkannya secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *